Majene Merampungkan Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK)

Majene, 11 November 2020

Tim penyusun GDPK Kabupaten Majene akhirnya selesai merampungkan penyusunan dokumen GDPK Kabupaten Majene tahun 2019 -2044. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua tim penyusun GDPK, Syahrinullah pada pertemuan Expose Dokumen GDPK Kabupaten Majene Tahun 2019-2044 yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 bertempat di ruang pertemuan Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Majene.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Barat dan tim penyusun dari dinas terkait lingkup Satuan Kerja Kabupaten Majene tersebut dilaksanakan dalam rangka penyajian hasil akhir dari Dokumen GDPK Kabupaten Majene.

Pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (BPPM) Bappeda Majene, Syahrinullah selaku Ketua tim menyampaikan, “Mengapa penyusunan GDPK ini harus disegerakan, pertimbangan paling utama adalah dalam jangka waktu dekat akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah. Dengan demikian paling lambat 6 bulan setelah pelantikan, Kabupaten Majene harus menyusun rencana-rencana pembangunan daerah, termasuk didalamnya terkait strategi penanganan berbagai masalah kependudukan di Kabupaten Majene.” Sementara itu lanjut beliau, GDPK merupakan dokumen perencanaan yang memiliki jangka waktu yang panjang (25 tahun) yang dievaluasi setiap lima tahunan, sehingga GDPK dapat dijadikan dasar dan patokan bagi Dinas OPD-KB Majene dan dinas lainnya dalam penyusunan rancangan pembangunan dalam jangka menengah (lima tahun).

Di akhir kegiatan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat menyampaikan rasa syukur atas finalisasi dokumen GDPK Kabupaten Majene. “Alhamdulillah, ke depan target kita selanjutnya adalah bagaimana dokumen GDPK ini dapat dikuatkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) dalam jangka waktu dekat, sehingga secepatnya kita dapat memanfaatkannya demi penanganan permasalahan kependudukan di Kabupaten Majene.” Tutup beliau