Komisi IX DPR RI Titip Harapan Kepada BKKBN

Rombongan Ketua dan Anggota Komisi IX DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Reses
di Sulawesi Barat. Agenda ini salah satunya bertujuan untuk mendapatkan masukan yang bermanfaat dalam mendukung kinerja dan tugas-tugas Komisi IX.

Tatap muka kunjungan diterima oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, bertempat di Auditorium Lantai IV Kantor Gubernur, Jum’at (28/2/2020). Dihadiri oleh Ketua DPRD Sulbar, Sekprov Sulbar, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan OPD Lingkup Pemprov, dan sejumlah Pejabat Kementerian dan Lembaga tingkat Pusat yang menjadi mitra Komisi IX DPR RI.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengungkapkan pentingnya sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten bagi kemajuan sulbar yang malaqbi. Beliau juga berharap
semoga kunjungan kerja Komisi IX DPR RI memberikan berkah bagi sulbar.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, menyatakan bahwa kunjungan kerja dimaksudkan agar dapat menindaklanjuti permasalahan teknis yang ditemukan di lapangan.

“Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan yang bermanfaat untuk mendukung kerja-kerja Komisi IX DPR RI, termasuk jika ada permasalahan teknis, untuk dapat ditindak lanjuti secara langsung,” ungkapnya.

Berkaitan dengan permasalahan kesehatan dan kependudukan di Sulawesi Barat, Komisi IX DPR RI mengharapkan agar BKKBN memperhatikan persoalan stunting, angka kematian bayi dan ibu, dan rendahnya pemakaian kontrasepsi (CPR).

Menyikapi hal tersebut, Kabihom BKKBN Pusat, Komari SH MH, yang turut hadir dalam rombongan, mengungkapkan bahwa salah satu komitmen BKKBN dalam penanggulangan stunting dan masalah kependudukan lainnya adalah dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten yang diperuntukkan bagi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan di Kampung KB.

Selama kunjungan di Sulbar, Rombongan Komisi IX akan meresmikan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat, Kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Sulawesi Barat, dan Peninjauan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di Kecamatan Kalukku, Mamuju.