Pesan Penting Kabirum Bagi Penyuluh KB Sulbar

Kepala Biro Umum BKKBN Pusat, Drs. Putut Riyatno, M.Kes menyampaikan beberapa pesan penting saat melakukan Pembinaan ASN di Ruang Marasa Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, Rabu (4/3/2020).

Menurut Kabirum, yang terpenting adalah, Penyuluh KB (PKB) ini adalah jabatan fungsional yang sekarang sebagai profesi, karena punya tunjangan jabatan fungsional. Itu hrs betul-betul dihayati apa tupoksinya. Setelah itu, baru melaksanakan arahan pimpinan.

Selanjutnya, dalam bekerja, ditemui masalah atau hambatan. Nah, itu jangan menjadi penghambat semangat, tapi sebagai pemicu. Sekarang PKB sudah mempunyai kendaraan, balai penyuluh, dan anggaran kegiatan melalui DAK BOKB (Biaya Operasional KB).

Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas, harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Dan bagi PKB, setidaknya ada 4 (empat) kewajiban yang harus dilaksanakan, yaitu :
1. KIE Wawan Muka dan Kelompok
2. Advokasi dan Penggerakan
3. Pelayanan
4. Evaluasi dan Pelaporan

Untuk diketahui, komitmen Kepala BKKBN sangat kuat. Untuk mengakomodasi generasi milenial, telah dilakukan rebranding logo, jingle, dan tagline.