Ruskati Ali Baal : Remaja Berkarakter dimulai dari Keluarga

Dalam upaya meningkatkan intensitas promosi, kuantitas dan kualitas kegiatan generasi berencana dengan mitra kerja, stakeholder dan masyarakat, dilaksanakan Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja, sebagai salah satu prakarsa Komisi IX DPR-RI dengan BKKBN Pusat.

Di tingkat provinsi, sosialisasi dilaksanakan melalui Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat, dimana kali ini bertempat di halaman Rumah Adat Mamuju, Senin (2/3/2020). Hadir dalam kegiatan ini Anggota Komisi IX DPR RI, Ruskati Ali Baal; Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari; Ketua Pokja Penanggulangan Perkawinan Usia Anak Mamuju, Hajrul Malik; Kepala OPD-KB Kabupaten, Mitra Kerja terkait, dan sekitar 200 orang remaja Genre dari Forum Genre Sulawesi Barat dan Mamuju.

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, Walfaidhin SE, menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi dengan mengambil tema “Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR)”, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi remaja tentang perencanaan kehidupan berkeluarga.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan agar remaja mampu untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam upaya meningkatkan kualitas masa depan mereka,” harapnya.

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR-RI, Ruskati Ali Baal, menyatakan bahwa salah satu tugas anggota Komisi IX DPR-RI adalah meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Salah satunya melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana, dimana remaja ada di dalamnya.

“Selaku anggota DPR RI yang bertugas di komisi IX, kami mengemban tugas dalam upaya “meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia”. Upaya yang kita lakukan saat ini melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana turut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas generasi muda agar berdaya saing di era globalisasi, melalui pengendalian kuantitas penduduk, pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi yang berkualitas, serta peningkatan ketahanan keluarga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ruskati menyatakan,”Untuk menunjang terwujudnya generasi berencana yang sehat, cerdas dan ceria, marilah bersama kita bangun komitmen untuk mempersiapkan remaja kita meraih generasi emas di masa mendatang. Dibutuhkan remaja yang berkarakter seseuai dengan perubahan lingkungan, dan remaja yang berkarakter dipersiapkan mulai dari keluarga. Keluarga adalah wadah yang utama dan pertama,” ujar Ruskati.

Dalam kegiatan ini, Ruskati Ali Bali dinobatkan sebagai Bunda Genre Sulawesi Barat.