PESAN BKB HARUS SESUAI KEARIFAN LOKAL

Proses tumbuh kembang balita dan anak sangat dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungannya. Sehingga, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang balita dan anak, misalnya melalui kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), sebagai wadah menimba ilmu serta bertukar pikiran tentang pengasuhan anak.

Keaktifan orangtua dalam kelompok kegiatan BKB diharapkan mampu memberikan nilai-nilai terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan tetap berpedoman pada nilai dan budaya di setiap daerah.

Karena itu, untuk mengembangkan dan mensosialisasikan materi pesan inti di kelompok kegiatan BKB agar sesuai dengan kearifan lokal, maka dilaksanakan Pertemuan Pengembangan dan Sosialisasi Materi Pesan Inti Promosi BKB, di Grand Hotel Mamuju (3-5/3/2020). Diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta, yang terdiri dari Kabid Ketahanan Keluarga OPD-KB Kabupaten, Kader BKB Holistik Integratif Percontohan ProPN Desa Stunting, PKK Kabupaten, dan PLKB/PKB.

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, Walfaidhin SE, menyatakan agar isi pesan penyuluhan BKB bagi kader dan masyarakat untuk disesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing.

“Bagi efektifitas dan efisiensi isi pesan promosi kegiatan BKB di lapangan, agar disesuaikan dengan kearifan lokal daerah. Ini menjadi penting, sebab selain untuk mempermudah kader dalam menyuluh, juga memberikan kemudahan bagi keluarga dan masyarakat memahami pesan-pesan promosi dari BKKBN, terutama berkaitan proses tumbuh kembang anak,” ujarnya.