Depan > Index Berita > BKKBN SULBAR Melatih Enumerator Lakukan Survei RPJMN 2017
BKKBN SULBAR Melatih Enumerator Lakukan Survei RPJMN 2017
Senin, 27 Maret 2017

​Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 dapat diukur keberhasilannya dengan indikator melalui beberapa survei antara lain SDKI,SUSENAS, dan survei Indikator Kinerja RPJMN Program KKBPK.

Survei Indikator kinerja RPJMN Program KKBPK dilaksanakan untuk memperoleh gambaran hasil kinerja setiap provinsi sehingga memperoleh gambaran secara nasional.Agar hasil survei maksimal dibutuhkan tenaga yg mempunyai kompetensi di bidang penelitian, tenaga Informasi dan Teknologi,serta tenaga Pengumpul Data di lapangan (Enumerator).

Peran enumerator sangat penting dalam menghasilkan data yang valid. oleh sebab itu Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes SulBar mengadakan Pelatihan Bagi Enumerator tentang Survei Indikator Kinerja RPJMN Program KKBPK yang dilaksanakan dari tanggal 20 s.d. 30 Maret 2017. Pelatihan ini dilaksanakan di hotel Berkah, jl.Soekarno Hatta dan dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi. SulBar, Dra.Andi Ritamariani,M.Pd.Dalam sambutannya, kepala perwakilan meminta agar data yang diambil betul-betul jujur untuk menghindari pembohongan publik. Selain itu enumerator harus punya kompetensi dalam mendata.Data yg diperoleh dari hasil survei juga harus dikaji karena akan diserahkan ke Bappenas dan akan dimanfaatkan oleh Instansi lain.

Ketua Panitia kegiatan ini, Suardi, S.Sos, MM menyatakan dalam laporannya bahwa Pelatihan Survei Indikator Kinerja Program KKBPK ini dilaksanakan guna membekali para enumerator dari segi pengetahuan, pemberian informasi tentang program KKBPK, keterampilan pengumpulan data berbasis Smartphone, kejujuran dan etika dalam melakukan wawancara dilapangan. Pelatihan ini diikuti oleh 15 orang enumerator, dan 4 supervisor dari Poltekkes Kemenkes SulBar. Enumerator yang terpilih merupakan hasil seleksi dari ratusan mahasiswa Poltekkes.Diharapkan dengan pelatihan Survei Indikator Kinerja RPJMN Program KKBPK ini,Enumerator yang terpilih  dapat menghasilkan data yang valid dan akurat.​