Depan > Index Berita > Perkuat Pelaksanaan KKBPK, Perwakilan BKKBN Sulbar Gandeng Kanwil Kemenag Sulbar
Perkuat Pelaksanaan KKBPK, Perwakilan BKKBN Sulbar Gandeng Kanwil Kemenag Sulbar
Selasa, 11 April 2017

MoU BKKBN Sulbar dan Kemenag Sulbar.jpg

Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulbar melaksanakan diseminasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi petugas Kantor Urusan Agama (KUA) se Sulbar di d’Maleo Hotel Mamuju, Selasa 11 April.

Kegiatan yang dihadiri 52 peserta dari KUA kecamatan, dua orang dari Kanwil Kemenag dan satu orang dari OPD KB Provinsi ini dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara perwakilan BKKBN Sulbar dengan Kemenag Sulbar. Kesepakatan itu menyangkut penguatan pelaksanaan KKBPK melalui program Kursus Calon Pengantin (Suscatin) di Sulbar.

Kasubid Penggerakan Advokasi dan KIE BKKBN Sulbar, Rusdi Monoarfa mengatakan, berdasarkan UU Nomor 52 Tahun 2019 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, maka BKKBN melalui pemerintah pusat dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga dan kesejahteraan serta Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE).

Hal tersebut untuk mendukung keluarga agar dapat melaksanakan fungsi keluarga secara optimal, atas dasar regulasi tersebut, BKKBN menargetkan calon pengantin agar dapat mempersiapkan dirinya berdasarkan aspek mental, spiritual, kesehatan, ekonomi dan berbagai aspek lainnya serta memahami tugas dan fungsi keluarga.

Oleh sebab itu diperlukan dukungan, sinergitas dan komitmen dari pemangku kepentingan, petugas KUA, penghulu, petugas Suscatin. Salah satu bentuknya adalah diseminasi program KKBPK bagi petugas KUA.