Depan > Index Berita > SERAH TERIMA PKB/PLKB SERTA EVALUASI PENCAPAIAN PROGRAM KKBPK
SERAH TERIMA PKB/PLKB SERTA EVALUASI PENCAPAIAN PROGRAM KKBPK
Rabu, 26 Juli 2017

BAST1.jpg

​MAMUJU, SULBAR.BKKBN.GO.ID - Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Rapat Telaah (Reviu) Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2017, bertempat di d’Maleo Hotel and Convention, Mamuju (24-26/7/2017).
Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, Andi Ritamariani, dalam laporannya menyampaikan bahwa Rapat Telaah (Reviu) Program KKBPK diharapkan dapat ditindaklanjuti baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten.
 
Lebih lanjut Andi Ritamariani menegaskan ada beberapa hal yang perlu menjadi kesepakatan bersama dalam kegiatan ini. ”bagaimana menjalin ketersediaan kontrasepsi agar tidak terjadi kekosongan kontrasepsi, Penggerakan pelayanan kontrasepsi MKJP pada wilayah khusus menjadi prioritas diperlukan komitmen dan sinergi dengan kabupaten, advokasi dan KIE lini bawah serta peningkatan mitra kerja pada seluruh tingkatan wilayah, penguatan dan pengembangan program KKBPK di kampung KB serta updating data hasil pendataan keluarga.”
 
Sementara itu, Kepala BKKBN RI dalam hal ini diwakili oleh Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN, Sukaryo Teguh, menyampaikan bahwa BKKBN tidak  dapat menyelenggarakan Program KKBPK sendirian. Karena itu, kemitraan yang sinergis untuk memperkuat jejaring pelaksanaan program KKBPK sangat penting dalam upaya memberikan  pelayanan program KKBPK kepada masyarakat secara utuh.

BAST2.jpg
 
“Pelaksanaan program KKBPK Tahun 2017 telah memasuki triwulan ketiga, untuk itu koordinasi antara pemerintah pusat (BKKBN) dan pemerintah daerah perlu diperkuat, terutama dalam penjabaran arah kebijakan dan strategi program KKBPK kedalam berbagai kegiatan prioritas di seluruh tingkatan wilayah dan mengintegrasikan kedalam RPJMD dan RKPD masing-masing daerah.” kata Teguh.
 
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Barat dalam hal ini diwakili oleh Nur Alam Thahir, menyampaikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara secara resmi, mengingatkan kepada pemerintah pusat untuk terus memberikan dukungan prioritas kepada Sulawesi Barat agar dapat sejajar dengan provinsi lain di Indonesia dan bersama-sama melakukan sinkronisasi lintas sektor arah kebijakan dan pengembangan kegiatan prioritas dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sulawesi Barat.
 
“Reviu merupakan evaluasi atas kegiatan yang dilakukan selama ini. Karenanya, untuk kegiatan selanjutnya dibutuhkan inovasi dan sinergitas agar berjalan dengan baik, dengan benar, dan sesuai dengan harapan, serta diharapkan bisa meningkat. Kepada para penggiat KB, agar lebih semangat, lebih aktif, dan lebih bersinergi agar program di pusat dapat dilaksanakan di provinsi,” ujar Nur Alam.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari Pejabat eksekutif, Pejabat Legislatif, Kejaksaan Tinggi Sulselbar, Kejaksaan Negeri Se-Sulbar, OPD KB Kabupaten. Selain penyajian materi oleh beberapa narasumber, keynote speech dan  diskusi kelompok juga dilaksanakan Penandatangan dan serah terima Berita Acara Serah Terima (BAST) PKB/PLKB dari Pemerintah daerah ke Pemerintah Pusat (BKKBN) oleh Sekda Majene dan asisten dari pemerintah daerah dan disaksikan oleh Kajari se-Sulawesi Barat dan Ketua DPRD  Provinsi dan Kabupaten Se-Sulbar, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat